aplikasiakuntansi.biz.id
Image default
Akuntansi

Wajib Tahu, Inilah 10 Jenis Bidang-bidang Akuntansi

Berbicara mengenai jurusan, banyak sekali jurusan yang dapat dijadikan pilihan. Bagi yang suka bidang keuangan, pembukuan, dan segala jenis tentang perpajakan disarankan untuk mencari tahu jurusan akuntansi di kampus impian. Namun akuntansi tidak semudah tentang keuangan dan perpajakan saja. Berikut penjelasan tentang bidang-bidang akuntansi yang wajib diketahui.

Bagi kebanyakan siswa yang lulus dari bangku SMA, momen masuk dunia perkuliahan  merupakan momen yang  paling ditunggu-tunggu. Salah satu persiapan yang ribet adalah memilih jurusan perkuliahan. Tidak hanya mencari yang sesuai dengan keahlian , menentukan jurusan juga harus melakukan riset dan mencari tahu secara detail jurusan apa yang paling cocok dengan minat diri. Salah satunya jurusan akuntansi.

1. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Dalam auditing, dilaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan laporan dalam keuangan. Tujuan utama audit adalah agar informasi akuntansi yang disajikan dapat dipercaya. Namun terdapat tujuan lainnya seperti ketaatan terhadap kebijakan, prosedur serta menilai efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan. Yang mendasari auditing adalah objektivitas dan independensi  dari pemeriksa serta kerahasiaan dan pengumpulan bukti-bukti yang terbilang cukup releven.

2. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Bidang ini berkaitan dengan akuntansi suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Kegiatannya meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan. Laporan keuangan terdapat neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu. laporan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkan sebagai informasi guna pengambil keputusan dan kebijakan yang rasional dan relevan.

Baca Juga: Tugas Akuntansi Keuangan yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Akuntansi Manajemen  (Management Accounting)

Bidang-bidang akuntansi selanjutnya adalah akuntansi manajemen. Bidang akuntansi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya. Kegunaan akuntansi manajemen yaitu untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas dan menilai alternatif dalam pengambilan sebuah keputusan. Pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dijalankan (activity based management) merupakan trend baru dalam bidang ini.

4. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya merupakan akuntansi yang mencatat dan menghitung serta menganalisis sebuah data biaya pada suatu perusahaan industri dalam usaha menentukan besarnya hargapokok produksi suatu barang. Bidang ini menekan sebuah penetapan dan sebuah kontrol atas biaya. Fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan menganalisis data mengenai biaya, baik biaya yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

5. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan merupakan akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungannya untuk kepentingan penyusunan laporan pajak. Kegiatan ini berfungsi membantu manajemen dalam menentukan pilihan transaksi yang akan terjadi berhubungan dengan pertimbangan perpajakan. Undang-undang perpajakan yang berlaku menjadi peran penting dalam akuntansi bidang perpajakan.

6. Budgeting

Bidang akuntansi ini memiliki tugas menyusun  anggaran baik pendapatan maupun biaya. Anggaran menjadi  pedoman bagi perusahaan, perorangan, atau pemerintah dalam melaksanakan kegiatan finansialnya pada masa yang akan datang. Anggaran dapat dikatakan juga sebagai sarana untuk menjabarkan tujuan perusahaan, karena anggaran berisi rancana kegiatan yang akan dilaksanakan serta nilai uangnya di masa yang akan datang.

7. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Akuntansi yang diterapkan di lembaga pemerintahan ini bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan, pengendalian, dan pengawasan keuangan negara. Bidang ini dikhususkan dalam pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi di badan pemerintahan. Akuntansi ini diharapkan dapat mengatur administrasi keuangan negara dengan baik.

Baca Juga: Memahami & Menerapkan Prinsip Dasar Dalam Etika Profesi Akuntansi

8. Sistem Akuntansi

Bidang ini merupakan salah satu bagian akuntansi yang melaksanakan kegiatan dengan merancang cara melakukan pencatatan akuntansi agar aman, efektif, dan efisien. Mulai dari organisir dokumen hingga penyusunan prosedur pencatatannya.

9. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran merupakan bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi, serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan (anggaran) dalam suatu periode tertentu.

10. Akuntansi Perbankan

Jika pengertian akuntansi sebagai proses pencatatan, pengklasifikasian, penganalisisan serta penafsiran data keuangan. Maka secara umum diketahui bahwa akuntansi perbankan adalah proses akuntansi bank yang juga meliputi hal tersebut yang dilakukan secara sistematis guna memenuhi kebutuhan pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal.

Bidang-bidang akuntansi yang ada bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih jurusan. Meski secara umum sama, namun masing-masing bidang memiliki fokus yang berbeda. Pastikan memilih bidang yang paling diminati agar mudah menjalani pendidikan.

Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Emkay Blast Lite Bubble Gum! Rasa permen karet yang asam manis akan membuatmu ingin mencicipinya lagi dan lagi, dan nikmati manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu menghilangkan stres dan merasa rileks.

Related posts

Cara Melakukan Pembatasan Tanggal Transaksi di Accurate Online

Efi

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan yang Perlu Anda Pahami

Cara Orang Awam Belajar Akuntansi dengan Mudah

Primaditya Riesta

Leave a Comment