aplikasiakuntansi.biz.id
AkuntansiBisnis

Fungsi Departemen

Apa Pengertian Departemen?

    Departemen atau biasa disebut juga divisi adalah bagian-bagian yang terdapat didalam perusahaan dimana masing-masing kelompok sudah mendapat job desk nya sendiri. 

Berikut ini beberapa departemen yang sering kita temui pada suatu perusahaan;

  1. HRD (Human Resources Department)
  2.  Marketing & Sales
  3.  Purchasing
  4.  Production
  5.  IT (Information & Technology)
  6.  Accounting
  7.  Warehouse
  8. General Affair
  9.  PPIC (Product Planning Inventory Control)

    1. Departemen HRD (Human Resource Departemen)

    Merupakan bagian dalam perusahaan atau organisasi yang memiliki tugas untuk mengelola sumber daya manusia dan karyawan. Mulai dari perencanaan, recruitment dan seleksi karyawan baru.Berikut ini beberapa tugas dari departemen HRD:

    •  Memonitor kehadiran karyawan mulai dari jam datang dan jam pulang (Absensi)
    •  Mengembangkan kualitas karyawan dengan diberikannya training mengenai hal-hal yang mereka belum dapatkan sebelumnya
    •  Mengatur ruang lingkup pekerja atau karyawan baik yang berhubungan langsung dengan pekerjaan atau diluar pekerjaan itu sendiri dengan cara membuat peraturan kerja bersama
    • Mengatur hak dan kewajiban apa saja yang harus dilakukan dan didapatkan oleh pekerja atau karyawan


      2. Departemen Sales & Marketing

      Marketing merupakan sebuah divisi yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Departemen ini merupakan salah satu departemen yang sangat penting sekali di dalam perusahaan. Berikut ini beberapa tugas dari departemen tenaga penjual & pemasaran

      •  Memasarkan produk yang dimiliki oleh perusahaan
      •  Mengenalkan produk kepada calon pembeli
      •  Membuat iklan yang menarik untuk calon pembeli 

        3. Departemen Purchasing

    • Merupakan bagian dari perusahaan yang berfungsi untuk pengadaan barang apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari kebutuhan internal kantor sampai dengan kebutuhan akan untuk memproduksi suatu produk.Berikut ini beberapa tugas dari departemen purchasing:
      • Mencari pemasok yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan harga yang bersaing
      • Memilih pemasok yang sesuai dengan standar dan budget yang di tentukan oleh perusahaan
      • Mengatur administrasi pembelian dan pengorderan barang
      • Koordinasi internal dengan departemen terkait yang membutuhkan barang, karena semua departemen yang membutuhkan barang harus berkoordinasi dengan departemen purchasing
      • Mengatur koordinasi external dengan pemasok mengenai dokumentasi apa saja yang dibutuhkan sampai dengan transaksi barang tersebut dilakukan
      • Melakukan negosiasi kepada pemasok untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget perusahaan
       
  10. 4.  Departement Production

    Departemen produksi merupakan bagian dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan proses pembuatan barang. Mulai dari proses pengolahan bahan baku sampai barang jadi dan sampai barang tersebut siap untuk dijual. 

    Berikut ini beberapa tugas dari departemen production:

    • Mengatur kebutuhan operator mesin yang digunakan untuk mengolah barang
    • Mengatur para pekerja bagian produksi untuk melakukan pengoperasian mesin sesuai dengan standar operasional mesin
    • Menciptakan suatu produk yang sesuai dengan kualitas yang sudah ditetapkan oleh perusahaan
    • Mengendalikan target produksi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan
    • Meminimalisir barang reject dari hasil produksi 

      Untuk membantu proses pencatatan costing, anda juga dapat menggunakan fitur manufaktur yang terdapat di Accurate Online.

     5. Departement IT (Information Technology)

    Merupakan bagian yang memiliki tugas dalam bidang jaringan dan komputerisasi yang mendukung aktivitas pekerjaan dalam suatu perusahaan.

    Berikut ini beberapa tugas:

    • Melakukan perawatan sistem jaringan dan komputerisasi baik software maupun hardware
    • Setup dan programing terhadap sistem jaringan dan komputerisasi berdasarkan kebutuhan perusahaan
    • Melakukan pengadaan terhadap kebutuhan yang berhubungan dengan jaringan dan komputerisasi di dalam perusahaan
    • Mengatur instalasi sistem jaringan dan komputerisasi baik software maupun hardware
    • Membantu user apabila mengalami masalah dalam penggunaan sistem jaringan dan komputerisasi baik software maupun hardware

    6. Accounting

    Departemen Accounting merupakan bagian yang mengatur keuangan perusahaan sampai dengan menghasilkan laporan keuangan.

    Berikut ini beberapa tugas dari departemen Accounting:

    • Mengatur administrasi keuangan dalam perusahaan
    • Membuat laporan keuangan mulai dari laporan neraca dan laba rugi
    • Menyusun pembukuan mengenai aktivitas keuangan di dalam perusahaan
    • Membuat anggaran pendapatan dan beban secara berkala atau secara periodik pembukuanUntuk departemen accounting, saat ini sudah banyak yang pakai aplikasi pembukuan yang mendukung kegiatan pencatatan transaksi, salah satunya adalah Accurate online.

    7. Departement Warehouse

    Merupakan bagian yang mengatur mengenai ketersediaan stok barang yang akan dijual serta menyimpan dan menampung barang yang akan dijual. Departemen warehouse, biasa disebut juga dengan departemen gudang yang mana departemen ini merupakan bagian akhir dari proses pembuatan barang.

    Berikut ini beberapa tugas dari departemen Warehouse:

    1. Melakukan koordinasi pengiriman barang hasil produksi ke semua pelanggan
    2.  Melakukan koordinasi penerimaan barang hasil pembelian dari pemasok
    3.  Mengatur pengemasan terhadap barang yang akan dijual ke pelanggan
    4. Menyimpan barang hasil produksi yang belum bisa dikirimkan kepada pelanggan
    5. Melakukan pembukuan jumlah baranag yang keluar dan masuk ke dalam gudang, serta stok yang tersedia
    6. Mengatur dan menyimpan produk yang siap dipasarkan 

      8. General Affair

      Departemen GA merupakan bagian dalam perusahaan untuk mengelola pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pekerja atau karyawan.Berikut ini beberapa tugas dari departemen GA (General Affair):

      • Menciptakan kenyamanan dan keamanan di dalam lingkungan perusahaan
      • Pengadaan Alat Tulis Kantor di dalam perusahaan
      • Mengatur transportasi untuk kebutuhan perusahaan
      • Mengatur dan mengelola mengenai parkir kendaraan para pekerja atau karyawan
      • Pengolahan limbah dan sampah yang dihasilkan dari aktivitas perusahaan
      • Mengelola mengenai konsumsi yang dibutuhkan pekerja atau karyawan.

     9. PPIC ( Product Planning Inventory Control )

Merupakan bagian dalam perusahaan yang berfungsi untuk merencanakan  dan mengontrol proses produksi. Mulai dari penyediaan bahan baku sampai dengan barang jadi yang siap dijual.

Berikut ini beberapa tugas dari departemen PPIC (Product Planning Inventory Control):

  • Membuat jadwal perencanaan proses produksi mulai dari bahan baku sampai dengan barang jadi
  •  Mengatur pengadaan bahan baku yang dibutuhkan untuk proses produksi
  • Berkoordinasi dengan bagian sales & marketing terkait pelaksanaan jadwal produksi
  • Mengelola stok yang tersedia di gudang
  • Mengontrol proses produksi supaya sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat

Semakin besar sebuah perusahaan, maka akan semakin mengerucut fungsi departemen tersebut. Sebagai contoh pada sebuah perusahaan yang memiliki departemen HRD, dimana dapat menangani masalah training, penggajian, perekrutan karyawan dan bagian umum. Ada pula perusahaan yang membuat setiap bagian dijadikan satu departemen. Misalnya departemen penggajian, departemen training perekrutan karyawan.

Demikian informasi tentang fungsi departemen dan fungsinya. Semoga dapat membantu untuk Anda yang belum mengetahui ya.

Dapatkan free trial 30 hari Aplikasi accounting yang kekinian disini

Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Emkay Blast Lite Bubble Gum! Rasa permen karet yang asam manis akan membuatmu ingin mencicipinya lagi dan lagi, dan nikmati manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu menghilangkan stres dan merasa rileks.

Related posts

Pengantar Akuntansi, Dasar Ilmu Keuangan yang Penting untuk Dipelajari

Risma Mualifa

Apa Itu IFRS Dalam Akuntansi Serta Standar dan Tujuan Penerapannya

Peranan Akuntansi Dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

Rostina Alimuddin

Leave a Comment