aplikasiakuntansi.biz.id
Image default
Akuntansi

Apa Itu Akuntansi dan Pentingnya Dalam Suatu Bisnis

Banyak orang menganggap bahwa ilmu akuntansi merupakan sistem hitung-menghitung, walaupun faktanya akuntansi bukanlah proses yang terbilang sederhana. Lalu, apa itu akuntansi? Dan bagaimanakah definisi serta proses dan juga tujuan akuntansi? Ini dia beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Apa Itu Akuntansi?

Akuntansi adalah sebuah seni mencatat, meringkas, menganalisis serta melaporkan data yang berhubungan dengan transaksi keuangan di dalam sebuah bisnis ataupun perusahaan. Ini juga berarti akuntansi adalah teori serta praktik yang berhubungan dengan perhitungan uang. Di ilmu ekonomi, akuntansi ini digunakan untuk mencatat dan juga menganalisa transaksi keuangan dalam suatu bisnis, seperti pengeluaran per hari, per bulan ataupun per tahun.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi dan Manfaatnya Bagi Bisnis

American Accounting Association (AAA) menjelaskan apa itu akuntansi, yaitu sebuah proses pengidentifikasian, pengukuran, serta pelaporan informasi yang berkaitan dengan ekonomi agar memungkinkan terjadinya penilaian serta pengambilan keputusan yang jelas dan juga tegas untuk pihak yang menggunakan informasi ini.

Tujuan Akuntansi

Pada dasarnya, tujuan akuntansi adalah untuk mengumpulkan serta melaporkan informasi yang berkaitan tentang keuangan, kinerja, posisi keuangan dan lainnya. Informasi ini nantinya dapat digunakan sebagai landasan untuk membuat keputusan. Selain itu, tujuan akuntansi secara umum, yaitu:

  • Memberi informasi tentang keuangan, seperti yang berkaitan dengan harta ataupun hutang sebuah perusahaan
  • Memberi informasi mengenai perusahaan pada beragam sumber ekonomi (netto) perusahaan
  • Memberikan informasi keuangan sebuah perusahaan yang nantinya bisa membantu untuk membuat estimasi besaran keuntungan yang diterima perusahaan
  • Memberi informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan yang berguna untuk membantu laporan tersebut

Secara khusus, akuntansi mempunyai tujuan untuk menyediakan informasi berbentuk laporan yang berisikan posisi keuangan, hasil usaha dan juga perubahan posisi keuangan lain secara wajar sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

Manfaat Akuntansi

Selain tujuan, kita juga harus ketahui bahwa akuntansi punya manfaat yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, yaitu sebagai sarana informasi keuangan bagi pihak yang memerlukan, sebagai bahan evaluasi keuangan di masa mendatang, sebagai alat control serta bukti keuangan, serta alat untuk mengelola keuangan karena kita bisa menghitung beragam keperluan agar pengeluaran tidak membengkak.

Proses Dalam Akuntansi

Dalam suatu bisnis, akuntansi merupakan suatu hal yang penting karena berkaitan dengan keuangan yang terjadi dalam bisnis tersebut. Nah, di dalam akuntansi ini ada beberapa proses yang terjadi, yaitu:

Mencatat

Proses pencatatan ini juga dikenal sebagai pembukuan atau mengenali transaksi serta memasukkannya dalam sebuah catatan. Ini dilakukan untuk kepentingan pencatatan yang detail dan rinci serta menjadi laporan yang berguna dalam menyajikan data di laporan akhir keuangan.

Meringkas

Data mentah adalah hasil pencatatan transaksi yang umumnya dianggap tidak terlalu penting. Ini juga tidak berpengaruh pada proses pengembalian keputusan. Namun akuntan dapat menggunakan data mentah ini untuk membaginya ke dalam beberapa kategori, lalu menerjemahkannya. Proses yang akan dilakukan akuntan adalah mencatat transaksi, dan kemudian meringkasnya.

Pelaporan

Manajemen bertanggung jawab pada segala urusan perusahaan. Pemilik bisnis juga harus tau mengenai beragam operasi yang terjadi di perusahaan dan juga bagaimana uang perusahaan digunakan. Untuk itu, pemilik bisnis haruslah menerima laporan keuangan, yang biasanya didapat setiap bulan, tiga bulan ataupun tahunan untuk merangkum seluruh kinerja perusahaan.

Menganalisa

Proses akuntansi yang terakhir adalah menganalisa seluruh proses yang sudah dilakukan. Sangat penting untuk menarik kesimpulan dari suatu bisnis yang Anda lakukan. Anda pun bertanggungjawab dalam memeriksa poin positif serta negatifnya. Anda bisa membandingkan penjualan, laba rugi, ekuitas serta lainnya untuk menentukan dan juga menganalisa kinerja dan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Inilah Ilmu Dasar Akuntansi, Cara Mudah Belajar dan Memahami Ilmu Keuangan

Dari yang sudah dijelaskan di atas, mengenai apa itu akuntansi, kita ketahui bahwa ilmu akuntansi ini mengarah pada pemberian informasi atau laporan yang akurat, yang berhubungan dengan masalah keuangan sebuah perusahaan atau bisnis. Akuntansi juga menyajikan Anda laporan yang detail tentang pemasukan dan pengeluaran perusahaan yang Anda miliki, sehingga Anda pun mengetahui keuntungan dan kerugian bisnis yang Anda jalani.

Semakin berkembangnya teknologi, membuat proses akuntansi ini menjadi lebih mudah. Ini karena saat ini sudah adanya software accounting yang dapat membantu melakukan proses pencatatan, pengelolaan keuangan serta pembuatan laporan keuangan, sehingga jadi lebih akurat, mudah dan tentunya lebih cepat.

Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Emkay Blast Lite Bubble Gum! Rasa permen karet yang asam manis akan membuatmu ingin mencicipinya lagi dan lagi, dan nikmati manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu menghilangkan stres dan merasa rileks.

Related posts

Cara Melakukan Pembatasan Tanggal Transaksi di Accurate Online

Efi

Apa Itu IFRS Dalam Akuntansi Serta Standar dan Tujuan Penerapannya

Pengertian, Fungsi, Bentuk dan Teknik Membuat Buku Besar Akuntansi

Marsyaviani Darestuti